Perubahan Kebijakan Strategis dan Taktis



Perubahan Kebijakan Strategis dan Taktis

baru di bidang transportasi Prijono Sugiarto mengungkapkan perlunya pengembangan bisnis Astra ke cabang infrastruktur. Hal ini sejalan dengan ambisi dan tema acara pergantian tahun kali ini, yaitu ‘Bringing Up the Next Landscape’ untuk terus mengembangkan sayap ke ranah bisnis yang cenderung lebih stabil pertumbuhannya dan resisten terhadap gejolak ekonomi global.Berbagai proyek infrastruktur tersebut di antaranya adalah
ekspansi tol Semarang – Solo dan proyek pembangkit listrik 2 x 1000 MW Tanjung Jati di Jepara Jawa Tengah untuk memenuhi kebutuhan listrik yang semakin tinggi. Selain dari sudut pandang bisnis, berbagai proyek infrastruktur tersebut juga merupakan perwujudan perjalanan Astra menuju perusahaan kebanggaan bangsa. Ini adalah predikat yang pantas disandang oleh perusahaan yang tidak memikirkan keuntungan semata tapi yang juga menunjukkan tanggung jawab serta memberikan manfaat nyata terhadap masyarakat, lingkungan dan negara tempatnya bernaung. “Mari kita membawa Astra menjadi perusahaan yang terbaik, yang terdepan dan dengan semangat yang selalu ingin memberi kembali kepada negeri kita tercinta ini,” ujar Prijono Sugiarto. Tahun 2016 merupakan tahun terakhir dari fase ke-2 perjalanan Astra International menuju Goal 2020, yaitu of the Nation. Untuk mencapai tujuan tersebut, Prijono Sugiarto menekankan tiga strategi utama, yaitu:
• Competitiveness of Products and Services untuk menghasilkan produk dan layanan yang kompetitif dengan nilai tambah signifikan kepada pelanggan.
• Customer Intimacyuntuk menjaga kedekatan dengan pelanggan serta memahami cara pandang pasar.
• Implementasi tiga ‘C’ secara konsisten, yaitu Cost Efficiency - Capitalisation on Integrated Value Chain - Capital Productivity untuk meningkatkan efisiensi produksi dengan memanfaatkan modal dan sumber daya secara optimal.

Di akhir kata sambutannya, Prijono Sugiarto menyampaikan apresiasinya melalui analogi Astra International sebagai sebuah rumah yang dapat terus berfungsi dengan baik karena kerja keras para Insan Astra sebagai penghuninya, yang seiring dengan perkembangannya akan kembali memberikan manfaat dan kenyamanan bagi para penghuninya. Sebagai penutup acara, Astra International menyuguhkan penampilan vocal group
Astra Vocalizto, yang telah memperoleh banyak prestasi di berbagai
kompetisi seni. Persembahan dari Astra Vocalizto dengan pilihan lagu
yang membangkitkan semangat diakhiri dengan sorak sorai dari segenap Insan Astra untuk menunjukkan kesiapan menghadapi 2016. Kesatuan segenap Insan Astra sebagai keluarga besar juga ditunjukkan dalam sesi ramah tamah dan foto bersama dengan para direksi serta jajaran eksekutif Astra.

          Grup Astra kembali mengadakan forum komunikasi dengan tema ‘Bringing Up The Next Landscape’ untuk mempersiapkan Astra sebagai perusahaan, dan para eksekutifnya sebagai individu, untuk menghadapi dan kembali menaklukkan tahun 2016. Forum awal tahun ini mengundang figur penting dari internal Grup Astra dan dari pemerintahan untuk menelaah lebih dalam tantangan serta potensi untuk kepentingan Indonesia dan Grup Astra. Mereka adalah Chief Corporate Communications, Social Responsibility & SecurityAstra International Pongki Pamungkas, Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nila Farid Moeloek serta pengamat politik dan keamanan Andi Widjajanto. Pongki Pamungkas, Nina Moeloek dan Andi Widjajanto berbincang akrab dengan para eksekutif Grup Astra lainnya dalam satu meja sebelum diminta untuk memberikan materinya masing-masing.Dalam sambutannya, Pongki Pamungkas menyampaikan harapan Grup Astra untuk menjadi lebih baik pada 2016. Ia juga menekankan rencana jangka panjang Astra hingga 2020 untuk sukses menjadi Pride of the Nation. Pongki Pamungkas menuturkan kebijakan Grup Astra dalam beberapa bidang di 2016. Kebijakan pertama dalam hal informasi berupa peningkatan penyebaran informasi kegiatan Grup Astra secara positif di berbagai media, peraturan penggunaan logo Astra International dan Grup Astra, optimalisasi sumber daya internal, persiapan menyambut ulang tahun Astra yang ke-60 dan peningkatan kualitas dan intensitas hubungan dengan pemerintahan dan media.Untuk bidang lingkungan, kesehatan dan keamanan, yaitu implementasi Astra Green Company(AGC) dengan minimal peringkat hijau dan peringkat biru untuk kategori manufaktur, pertambangan dan perkebunan, lalu upaya mencapai Zero Workplace Accident. Ditargetkan juga efisiensi sumber daya alam, energi dan penurunan gas rumah kaca sebesar 2% per satuan produk dari tahun 2015 serta penerapan AGC untuk mencapai sustainable consumption and production.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Visi Misi dan Tujuan Strategi PT. Mayora Indah Tbk,

PT. Mayora Indah Tbk,

Penerapan Teknologi dan sistem informasi PT Indosat,Tbk