Perubahan Kebijakan Strategis dan Taktis
Perubahan Kebijakan Strategis dan Taktis
baru di
bidang transportasi Prijono Sugiarto mengungkapkan perlunya pengembangan bisnis
Astra ke cabang infrastruktur. Hal ini sejalan dengan ambisi dan tema acara
pergantian tahun kali ini, yaitu ‘Bringing Up the Next Landscape’ untuk terus
mengembangkan sayap ke ranah bisnis yang cenderung lebih stabil pertumbuhannya
dan resisten terhadap gejolak ekonomi global.Berbagai proyek infrastruktur
tersebut di antaranya adalah
ekspansi tol Semarang – Solo dan proyek pembangkit
listrik 2 x 1000 MW Tanjung Jati di Jepara Jawa Tengah untuk memenuhi kebutuhan listrik
yang semakin tinggi. Selain dari sudut pandang bisnis, berbagai proyek
infrastruktur tersebut juga merupakan perwujudan perjalanan Astra menuju
perusahaan kebanggaan bangsa. Ini adalah predikat yang pantas disandang oleh
perusahaan yang tidak memikirkan keuntungan semata tapi yang juga menunjukkan
tanggung jawab serta memberikan manfaat nyata terhadap masyarakat, lingkungan
dan negara tempatnya bernaung. “Mari kita membawa Astra menjadi perusahaan yang
terbaik, yang terdepan dan dengan semangat yang selalu ingin memberi kembali
kepada negeri kita tercinta ini,” ujar Prijono Sugiarto. Tahun 2016 merupakan
tahun terakhir dari fase ke-2 perjalanan Astra International menuju Goal 2020,
yaitu of the Nation. Untuk mencapai tujuan tersebut, Prijono Sugiarto
menekankan tiga strategi utama, yaitu:
• Competitiveness of Products and Services untuk
menghasilkan produk dan layanan yang kompetitif dengan nilai tambah signifikan
kepada pelanggan.
• Customer Intimacyuntuk menjaga kedekatan dengan
pelanggan serta memahami cara pandang pasar.
•
Implementasi tiga ‘C’ secara konsisten, yaitu Cost Efficiency - Capitalisation
on Integrated Value Chain - Capital Productivity untuk meningkatkan efisiensi
produksi dengan memanfaatkan modal dan sumber daya secara optimal.
Di akhir
kata sambutannya, Prijono Sugiarto menyampaikan apresiasinya melalui analogi
Astra International sebagai sebuah rumah yang dapat terus berfungsi dengan baik
karena kerja keras para Insan Astra sebagai penghuninya, yang seiring dengan perkembangannya
akan kembali memberikan manfaat dan kenyamanan bagi para penghuninya. Sebagai
penutup acara, Astra International menyuguhkan penampilan vocal group
Astra
Vocalizto, yang telah memperoleh banyak prestasi di berbagai
kompetisi
seni. Persembahan dari Astra Vocalizto dengan pilihan lagu
yang
membangkitkan semangat diakhiri dengan sorak sorai dari segenap Insan Astra
untuk menunjukkan kesiapan menghadapi 2016. Kesatuan segenap Insan Astra
sebagai keluarga besar juga ditunjukkan dalam sesi ramah tamah dan foto bersama
dengan para direksi serta jajaran eksekutif Astra.
Grup
Astra kembali mengadakan forum komunikasi dengan tema ‘Bringing Up The Next
Landscape’ untuk mempersiapkan Astra sebagai perusahaan, dan para eksekutifnya
sebagai individu, untuk menghadapi dan kembali menaklukkan tahun 2016. Forum
awal tahun ini mengundang figur penting dari internal Grup Astra dan dari
pemerintahan untuk menelaah lebih dalam tantangan serta potensi untuk
kepentingan Indonesia dan Grup Astra. Mereka adalah Chief Corporate
Communications, Social Responsibility & SecurityAstra International Pongki
Pamungkas, Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nila Farid Moeloek serta
pengamat politik dan keamanan Andi Widjajanto. Pongki Pamungkas, Nina Moeloek
dan Andi Widjajanto berbincang akrab dengan para eksekutif Grup Astra lainnya
dalam satu meja sebelum diminta untuk memberikan materinya masing-masing.Dalam
sambutannya, Pongki Pamungkas menyampaikan harapan Grup Astra untuk menjadi
lebih baik pada 2016. Ia juga menekankan rencana jangka panjang Astra hingga
2020 untuk sukses menjadi Pride of the Nation. Pongki Pamungkas menuturkan
kebijakan Grup Astra dalam beberapa bidang di 2016. Kebijakan pertama dalam hal
informasi berupa peningkatan penyebaran informasi kegiatan Grup Astra secara
positif di berbagai media, peraturan penggunaan logo Astra International dan
Grup Astra, optimalisasi sumber daya internal, persiapan menyambut ulang tahun
Astra yang ke-60 dan peningkatan kualitas dan intensitas hubungan dengan
pemerintahan dan media.Untuk bidang lingkungan, kesehatan dan keamanan, yaitu
implementasi Astra Green Company(AGC) dengan minimal peringkat hijau dan
peringkat biru untuk kategori manufaktur, pertambangan dan perkebunan, lalu
upaya mencapai Zero Workplace Accident. Ditargetkan juga efisiensi sumber daya
alam, energi dan penurunan gas rumah kaca sebesar 2% per satuan produk dari
tahun 2015 serta penerapan AGC untuk mencapai sustainable consumption and
production.
Komentar
Posting Komentar