Mengapa Komunikasi di perlukan dalam organisasi ?



Mengapa Komunikasi di perlukan dalam organisasi ?
Mengapa komunikasi penting dalam suatu organisasi ? Pertanyaan ini kerap dilontarkan oleh mereka yang concern terhadap kajian fenomena komunkai maupun mereka yang tertarik pada gejala-gejala keorganisasian. Dalam kenyataan masalah komunikasi senantiasa muncul dalam proses pengorganisasian. Komunikasi mempunyai andil membangun iklim organisasi, yang berdampak kepada membangun budaya oranisasi, yaitu nilai dan kepercayaan yang menjadi titik pusat organisasi. Tujuankomunikasi dalam proses organisasi tidak lain dalam rangka membentuk saling pengertian (mutual undestanding) . Pendek kata agar terjadi penyetaraan dalam kerangka referensi, maupun dalam pegalaman. Komunikasi organisasi merunjuk pada pola dan bentuk komunikasi yang terjadi dalam konteks dan jarngan organisasi. Komunikasi organisasi melibatkan bentuk-bentuk komunikasi antarpribadi dan komunikasi kelompok. Pembahasan komunikasi organisasi antara lain menyangkut struktur dan fungsi organisasi, hubungan antarmanusia, komunikasi dan proses pengorganisasian serta budaya organisasi. Komunikasi organisasi diberi batasan sebagai arus pesan dalam suatu jaringan yang sifat hubungannya saling bergantung satu sama lain meliputi arus komunikasi vertikal dan horiso Mengapa komunikasi penting dalam suatu organisasi ? Pertanyaan ini kerap dilontarkan oleh mereka yang concern terhadap kajian fenomena komunkai maupun mereka yang tertarik pada gejala-gejala keorganisasian. Dalam kenyataan masalah komunikasi senantiasa muncul dalam proses pengorganisasian. Komunikasi mempunyai andil membangun iklim organisasi, yang berdampak kepada membangun
Unsur-unsur Komunikasi ada 5, yaitu :
1.      Komunikator    
2.      Menyampaikan berita
3.      Berita-berita yang disampaikan
4.      Komunikasi
5.      Tanggapan atau reaksi
Hambatan-hambatan Komunikasi                                                                                                    
1.      Hambatan yang bersifat teknis
2.      Hambatan semantic
3.      Hambatan perilaku
Klasifikasi Komunikasi Dalam Organisasi,
·         Dari segi sifatnya : Komunikasi lisan, Komunikasi tertulis, Komunikasi verbal, Komunikasi non verbal.
·         Dari segi arahnya : Komunikasi Ke atas, Komunikasi ke bawah, Komunikasi diagonal keatas, Komunikasi diagonal kebawah, Komunikasi horizontal, Komunikasi satu arah, Komunikasi dua arah.
·         Menurut Lawannya : Komunikasi satu lawan satu, Komunikasi satu lawan banyak (kelompok), Kelompok lawan kelompok.
·         Menurut Keresmiannya : Komunikasi formal, Komunikasi informal.

1.      Komunikasi Informal
·         Komunikasi Informal yang terjadi karena adanya komunikasi antara sesama karyawan dalam suatu organisasi.
·         Komunikasi informal (the grapevine) biasanya disebarluaskan melalui desas-desus atau kabar angin dari mulut ke mulut dari satu orang ke orang yang lainnya dalam suatu organisasi dimana kebenarannya tidak bisa dijamin karena kadang-kadang bertentangan dengan perusahaan. Jadi agar komunikasi informal bisa bermanfaat maka seseorang pemimpin harus bisa memakai jalur ini untuk memperlancar berjalannya komunikasi formal perusahaan (komunikasi formal ini jangan sampai mengakibatkan timbulnya desas-desus yang meresahkan karyawan).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Visi Misi dan Tujuan Strategi PT. Mayora Indah Tbk,

PT. Mayora Indah Tbk,

Penerapan Teknologi dan sistem informasi PT Indosat,Tbk