Visi Misi dan Tujuan Strategi PT. Mayora Indah Tbk,
Profil PT. Mayora Indah Tbk.
Sejak pertama kali didirikan pada tahun 1977, PT Mayora Indah Tbk telah
menjadi salah satu industri makanan penting di Indonesia. Sebagai hasil
dari pertumbuhan negara di bidang ekonomi dan pergeseran pola konsumtif
terhadap produk sosial yang lebih praktis, PT Mayora menawarkan
pertumbuhan pesat selama bertahun-tahun.
Visi dan Misi
Visi
Menjadi produsen makanan dan minuman yang berkualitas dan terpercaya di mata konsumen domestik maupun internasional dan menguasai pangsa pasar terbesar dalam kategori produk sejenis.
Misi
Misi
Dapat memperoleh Laba Bersih Operasi
diatas rata rata industri dan memberikan value added yang baik bagi seluruh
stakeholders Perseroan. Dapat memberikan kontribusi positif
terhadap lingkungan dan negara dimana Perseroan berada. Sumber:
http://www.Mayoraindah.co.id/profil/visi-dan-misi/
Nilai
– Nilai Perusahaan
1. Konsumen Prioritas
pada kepuasan konsumen.
2. Orang Meningkatkan
kualitas sumber daya manusia, berani mengambil resiko, menghargai karya dan
komitmen orang lain.
3. Kerja Tim Membangun
kepercayaan satu dengan yang lain, serta bekerjasama menjadi tim pemenang.
4. Keunggulan Biasakan
menjadi yang terbaik sebagai gaya hidup. Selalu berusaha untuk menjadi yang
terbaik. Terus meningkatkan proses dan cara kerja untuk memuaskan pelanggan.
Sumber:
http://shotah.com/project/Mayora/perusahaan-kami/nilai-nilai-dan-kode-etik/
Strategi PT. Mayora Indah
kunci sukses keberhasilan PT Mayora Indah
Tbk dalam bersaing, tentu saja
tak terlepas dari beberapa strategi yang di terapkan oleh
pihak managemen dalam mengatur strategi perusahaan
mulai dari pemasaran, menghadapi
konsumen dan pesaing. Salah satu produk
perusahaan yang sangat laku dipasarana adalah kopi yang menjadi selera
parakonsumen khususnya diindonesia.
PT.Mayora
mencoba menyesuaikan saluran distribusinya dengan kebutuhan pelanggannya.
Saluran distribusi yang kreatif dan luar biasa ini menjadi sumber dari
keunggulan bersaingnya. Sehingga PT.Mayora dapat memperoleh banyak pangsa pasar
dan dapat menjangkau populasi sasaran yang tersebar luas. Sehingga dapat
melayani berbagai kebutuhan dari beberapa segmen dengan cepat dan
terfragmentasi.
Sistem
saluran seringkali berkembang agar dapat memenuhi peluang dan kondisi pasar.
Maka untuk mendapatkan efektivitas maksimum, analisis dan pengambilan keputusan
saluran distribusi harus lebih ditekankan pada tujuan. Mendesain sebuah sistem
saluran membutuhkan analisis terhadap kebutuhan layanan konsumen. Mendesain
saluran distribusi dinilai dengan menemukan nilai apa yang diinginkan oleh
berbagai segmen sasaran dari saluran distribusi.Pada kasus PT.Mayora. PT.Mayora
menjual energen kepada konsumen segmen 1 lewat perantara rumah sakit. Untuk
memenuhi kebutuhan pelanggan akan sarapan yang bergizi dan sehat dikonsumsi ketika
sakit. Pada konsumen segmen 2, PT.Mayora menjual vitazone lewat perantara
tempat-tempat olahraga seperti gym dan golf
Strategi Pemasaran PT Mayora Indah Tbk.
a.
Produk
menyediakan berbagai ragam
kopi dengan 8varian sekaligus, yaitu Torabika Duo,Torabika Oke, Torabika Susu Full cream, Torabika Capuccino,
Torabika Three In One,Torabika Moka, dan Torabika campuran. kualitas : kualitas
yang tinggi karena PTMayora tidak
melakukan penetrasi harga. Nama merek yang diberikan adalah Torabika sehingga
orang mudah ingat dan paham karena merupakan jenis kopi
b.
Harga
Harga yang diberlakukan sangat terjangkau tidak
melebihi Rp.1500
c.
Promosi
Untuk lebih mengenalkan hasil produksi perusahaan
PT Mayora Indah,Tbk melakukan promosi melalui beberapa media dan
secara aktif mendirikan stand di berbagai daerah
dan di berbagai kegiatan yang sekiranya
dapat menarik minat konsumen terhadap hasil produksi
perusahaan. Media yang digunakan oleh PT Mayora Indah,Tbk antara
lain, berita acara, video,
foto dan iklan. Akan tetapi iklan yang dilakukan sangat minim. Promosi penjualan
PT Mayora yaitu kepada penyedia layanan sepeda keliling dengan menawarkan pendapatan yang tinggi serta kepedulian sosial yang tinggi. Contohnya Perusahaan menawarkan kopi kepada penjual koran,
yang mana ketika ada pembeli koran yang ingin membeli koran,
mereka dapat membaca koran dengan menikmati kopi.
d.
Tempat
Strategi jemput bola dalam
menggarap pasar kopi susu ini. Salah satu langkah yang diterapkan adalah menyediakan jasa kopi seduh di
berbagai lokasi, mulai dari pusat perbelanjaan
hingga menggunakan sepeda keliling.
Komentar
Posting Komentar