SISTEM INFORMASI AKUNTANSI



1.     APA ITU SIA ?
Sistem Informasi Akuntansi (SIA) adalah suatu komponen organisasi yang mengumpulkan, mengklasifikasikan, mngolah, menganilisa dan mengkomunikasikan informasi financial dan mengambil keputusan yang relevan bagi pihak luar perusahaan dan ekstern.
Karakteristik SIA yang membedakan dengan subsistem CBIS lainnya :
·         SIA melaksanakan tugas yang diperlukan
·         Berpegang pada prosedur yang relative standar
·         Menangani data rinci
·         Berfokus historis
·         Menyediakan informasi pemecahan minimal.
Fungsi penting yang dibentuk sistem informasi akuntansi pada organisasi antara lain :
·         Mengumpulkan dan menyimpan data tentang aktivitas dan transaksi.
·         Memproses data menjadi into informasi yang dapat digunakan dalam proses pengambilan keputusan
·         Melakukan kontrol secara tepat terhadap asset organisasi.

2.     MENGAPA MEMPELAJARI SIA ?

Alasan mempelajari SIA
1.      Semua informasi dibidang akuntansi dipakai untuk mengambil keputusan
2.      Bermanfaat untuk perancangan penggunaan dan implementasi sistem laporan keungan untuk menambah keahlian didalam merancang sebuah sistem, sehingga dari keahlian tersebut diharapkan :
a.       Mengakses dan menganalis suatu perusahaan melalui laporan keuangan.
b.      Membantu merancang dan menyusun SIA secara efektif dan efisien.
c.       Mengakses database untuk keperluan standar audit atau pemeriksaan.
d.      Melalukan komunikasi dengan menggunakan teknologi informasi terkini.
3.      SIA merupakan komponen kunci dalam setiap proses mengembangkan usaha melalui pembuatan laporan dengan melakukan penilaian kinerja usaha corporate revaluation.
4.      SIA mampu memenuhi kebutuhan informasi yang ditujukan kepada pemakai extreme (calon investor atau kreditor seperti bank, lessor, dan lain – lain). Dan kepada pihak intern seperti para manager, pemilik maupun karyawan.
5.      Dengan adanya repolusi teknologi informasi menyebabkan SIA sangat berperan didalam melakukan efisiensi dan efektivitas pengolahan usaha.

3.     PERAN SIA DALAM RANTAI NILAI (VALUE CHAIN)
1.      Inbound logistic (logistik lingkar dalam) terdiri dari penerimaan, penyimpanan, dan distribusi bahan – bahan masukan yang digunakan oleh organisasi untuk menghasilkan produk dan jasa yang dijualnya.
2.      Operasi (operations) adalah aktivitas yang mengubah masukan menjadi jasa atau produk yang sudah jadi.
3.      Outbound logistic ( logistik lingkar luar) adalah aktvitas yang melibatkan distribusi produk yang sudah jadi ke para pelanggan.
4.      Pemasaran dan penjualan mengarah pada aktivitas – aktivitas yang berhubungan dengan membatu para pelanggan untuk membeli jasa atau produk yang di hasilkan organisasi.
5.      Pelayanan (service) memberi dukungan pelayanan purnajual kepada para pelanggan. Misalnya pelayanan perbaikan dan perawatan.

4.     SIA DAN STRATEGI KORPORAT

Sistem Informasi Akuntansi (SIA) adalah suatu komponen organisasi yang mengumpulkan, mengklasifikasikan, mngolah, menganilisa dan mengkomunikasikan informasi financial dan mengambil keputusan yang relevan bagi pihak luar perusahaan dan ekstern.

Sedangkan Strategi Korporat adalah strategi perusahaan atau organisasi merupakan suatu wilayah kajian yang selalu menarik untuk dicermati.begitu banyak pendekatan yang dilakukan, mulai dari sangat kuantitatif sampai pada belajar dari pengalaman sukses seseorang atau suatu perusahaan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Visi Misi dan Tujuan Strategi PT. Mayora Indah Tbk,

PT. Mayora Indah Tbk,

Penerapan Teknologi dan sistem informasi PT Indosat,Tbk