SISTEM INFORMASI AKUNTANSI
1.
APA
ITU SIA ?
Sistem Informasi
Akuntansi (SIA) adalah suatu komponen organisasi yang mengumpulkan,
mengklasifikasikan, mngolah, menganilisa dan mengkomunikasikan informasi
financial dan mengambil keputusan yang relevan bagi pihak luar perusahaan dan
ekstern.
Karakteristik SIA yang
membedakan dengan subsistem CBIS lainnya :
·
SIA melaksanakan tugas yang diperlukan
·
Berpegang pada prosedur yang relative standar
·
Menangani data rinci
·
Berfokus historis
·
Menyediakan informasi pemecahan minimal.
Fungsi
penting yang dibentuk sistem informasi akuntansi pada organisasi antara lain :
·
Mengumpulkan dan menyimpan data tentang
aktivitas dan transaksi.
·
Memproses data menjadi into informasi
yang dapat digunakan dalam proses pengambilan keputusan
·
Melakukan kontrol secara tepat terhadap
asset organisasi.
2.
MENGAPA
MEMPELAJARI SIA ?
Alasan mempelajari SIA
1. Semua
informasi dibidang akuntansi dipakai untuk mengambil keputusan
2. Bermanfaat
untuk perancangan penggunaan dan implementasi sistem laporan keungan untuk
menambah keahlian didalam merancang sebuah sistem, sehingga dari keahlian
tersebut diharapkan :
a. Mengakses
dan menganalis suatu perusahaan melalui laporan keuangan.
b. Membantu
merancang dan menyusun SIA secara efektif dan efisien.
c. Mengakses
database untuk keperluan standar audit atau pemeriksaan.
d. Melalukan
komunikasi dengan menggunakan teknologi informasi terkini.
3. SIA
merupakan komponen kunci dalam setiap proses mengembangkan usaha melalui
pembuatan laporan dengan melakukan penilaian kinerja usaha corporate
revaluation.
4. SIA
mampu memenuhi kebutuhan informasi yang ditujukan kepada pemakai extreme (calon
investor atau kreditor seperti bank, lessor, dan lain – lain). Dan kepada pihak
intern seperti para manager, pemilik maupun karyawan.
5. Dengan
adanya repolusi teknologi informasi menyebabkan SIA sangat berperan didalam
melakukan efisiensi dan efektivitas pengolahan usaha.
3.
PERAN
SIA DALAM RANTAI NILAI (VALUE CHAIN)
1. Inbound
logistic (logistik lingkar dalam) terdiri dari penerimaan, penyimpanan, dan
distribusi bahan – bahan masukan yang digunakan oleh organisasi untuk
menghasilkan produk dan jasa yang dijualnya.
2. Operasi
(operations) adalah aktivitas yang mengubah masukan menjadi jasa atau produk
yang sudah jadi.
3. Outbound
logistic ( logistik lingkar luar) adalah aktvitas yang melibatkan distribusi
produk yang sudah jadi ke para pelanggan.
4. Pemasaran
dan penjualan mengarah pada aktivitas – aktivitas yang berhubungan dengan
membatu para pelanggan untuk membeli jasa atau produk yang di hasilkan
organisasi.
5. Pelayanan
(service) memberi dukungan pelayanan purnajual kepada para pelanggan. Misalnya
pelayanan perbaikan dan perawatan.
4.
SIA
DAN STRATEGI KORPORAT
Sistem Informasi Akuntansi (SIA)
adalah suatu komponen organisasi yang mengumpulkan, mengklasifikasikan,
mngolah, menganilisa dan mengkomunikasikan informasi financial dan mengambil
keputusan yang relevan bagi pihak luar perusahaan dan ekstern.
Sedangkan Strategi Korporat adalah
strategi perusahaan atau organisasi merupakan suatu wilayah kajian yang selalu
menarik untuk dicermati.begitu banyak pendekatan yang dilakukan, mulai dari
sangat kuantitatif sampai pada belajar dari pengalaman sukses seseorang atau
suatu perusahaan.
Komentar
Posting Komentar