Fungsi Satuan Organisasi dan Metode
Fungsi Satuan
Organisasi dan Metode
Pengertian organisasi dan metode (secara lengkap)
adalah rangkaian proses kegiatan yang harus dilakukan untuk meningkatkan
kegunaan segala sumber dan faktor yang menentukan bagi berhasilnya proses
manajemen terutama dengan memperhatikan fungsi dan dinamika organisasi atau
birokrasi dalam rangka mencapai tujuan yang sudah ditetapkan.
Dari pengertian tersebut terkandung beberapa maksud yaitu :
1.
Organisasi dan
metode merupakan kunci atau syarat pelaksanaan kerja yang
setepat-tepatnya,
2.
Organisasi dan
metode penting bagi kegiatan manajemen,
3.
Organisasi dan
metode dapat memanfaatkan sumber-sumber dan waktu yang tersedia, dan
4.
Organisasi dan
metode berguna dalam meningkatkan efisiensi kerja untuk mencapai tujuan.
Dari
uraian di atas terlihat jelas betapa eratnya hubungan antara manajemen,
organisasi dan metode, bahkan sepertinya dapat dikatakan bahwa organisasi dan
metode merupakan salah satu bidang pengkhususan dari manajemen.
Manajemen
pada hakekatnya merupakan proses kegiatan seorang pimpinan (manager) yang harus
dilakukan dengan mempergunakan cara-cara pemikiran yang rasional maupun praktis
untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan melalui kerja sama dengan orang
lain sebagai sumber tenaga kerja tanpa mengabaikan sumber-sumber yang lain dan
waktu yang tersedia dengan cara yang setepat-tepatnya.
Komentar
Posting Komentar